حَدَّثَنَا آدَمُ، قَالَ: حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا الْحَكَمُ، قَالَ: سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: " بِتُّ فِي بَيْتِ خَالَتِي مَيْمُونَةَ بِنْتِ الْحَارِثِ
زَوْجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا فِي لَيْلَتِهَا، فَصَلَّى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ الْعِشَاءَ، ثُمَّ جَاءَ إِلَى مَنْزِلِهِ فَصَلَّى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ،
ثُمَّ نَامَ، ثُمَّ قَامَ، ثُمَّ قَالَ: نَامَ الْغُلَيِّمُ أَوْ كَلِمَةً تُشْبِهُهَا،
ثُمَّ قَامَ، فَقُمْتُ عَنْ يَسَارِهِ فَجَعَلَنِي عَنْ يَمِينِهِ، فَصَلَّى خَمْسَ
رَكَعَاتٍ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ نَامَ حَتَّى سَمِعْتُ غَطِيطَهُ أَوْ
خَطِيطَهُ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ "
Telah
menceritakan kepada kami Aadam, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Syu’bah,
ia berkata : Telah menceritakan kepada kami Al-Hakam, ia berkata : Aku
mendengar Sa’iid bin Jubair, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkara : “Aku pernah
menginap di rumah bibiku, Maimunah bin Al-Harits, istri Nabi shallallaahu
’alaihi wa sallam; dan ketika itu Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
sedang berada di rumah bibi saya itu. Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat ‘Isya’ (di masjid),
kemudian beliau pulang, lalu beliau mengerjakan shalat sunnah empat raka’at.
Setelah itu beliau tidur, lalu beliau bangun dan bertanya : ‘Apakah anak
laki-laki itu (Ibnu ‘Abbas) sudah tidur ?’ - atau beliau mengucapkan kalimat yang semakna
dengan itu. Kemudian beliau berdiri untuk melakukan shalat, lalu aku berdiri di
sebelah kiri beliau untuk bermakmum. Akan tetapi kemudian beliau menjadikanku
berposisi di sebelah kanan beliau. Beliau shalat lima raka’at, kemudian shalat
lagi dua raka’at, kemudian beliau tidur. Aku mendengar suara dengkurannya yang
samar-samar. Tidak berapa lama kemudian beliau bangun, lalu pergi ke masjid
untuk melaksanakan shalat shubuh” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 117].
حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ،
عَنْ حُصَيْنٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: " مَنْ
صَلَّى أَرْبَعًا بَعْدَ الْعِشَاءِ كُنَّ كَقَدْرِهِنَّ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Telah
menceritakan kepada kami Ibnu Idriis, dari Hushain, dari Mujaahid, dari ‘Abdullah
bin ‘Amru, ia berkata : “Barangsiapa yang shalat empat raka’at setelah (shalat)
‘Isyaa’, maka nilainya setara dengan empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi
Syaibah 2/343 (5/100) no. 7351; sanadnya shahih[1]].
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ،
عَنِ الْعَلَاءِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَسْوَدِ، عَنْ
أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: " أَرْبَعٌ بَعْدَ الْعِشَاءِ يَعْدِلْنَ بِمِثْلِهِنَّ
مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail, dari Al-‘Alaa’ bin Al-Musayyib,
dari ‘Abdurrahmaan bin Al-Aswad, dari ayahnya, dari ‘Aaisyah, ia berkata : “Empat
raka’at setelah ‘Isyaa’ setara dengan empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr” [idem, no. 7352;
sanadnya hasan].
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ عَبْدِ
الْجَبَّارِ بْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ قَيْسِ بْنِ وَهْبٍ، عَنْ مُرَّةَ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ،
قَالَ: " مَنْ صَلَّى أَرْبَعًا بَعْدَ الْعِشَاءِ لَا يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِتَسْلِيمٍ
؛ عَدَلْنَ بِمِثْلِهِنَّ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari ‘Abdul-Jabbaar bin ‘Abbaas, dari Qais bin
Wahb, dari Murrah, dari ‘Abdullah (bin Mas’uud), ia berkata : “Barangsiapa yang
shalat empat raka’at setelah ‘Isyaa’ yang tidak dipisahkan dengan salam, maka
nilainya setara dengan empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr” [idem, no. 7353; sanadnya hasan].
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ عَبْدِ
الْوَاحِدِ بْنِ أَيْمَنَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ تُبَيْعٍ، عَنْ كَعْبِ بْنِ مَاتِعٍ،
قَالَ: " مَنْ صَلَّى أَرْبَعًا بَعْدَ الْعِشَاءِ يُحْسِنُ فِيهِنَّ الرُّكُوعَ،
وَالسُّجُودَ، عَدَلْنَ مِثْلَهُنَّ مِنْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ "
Telah
menceritakan kepada kami Wakii’, dari ‘Abdul-Waahid bin Aiman, dari ayahnya, dari
Tubai’, dari Ka’b bin Maati’, ia berkata : Barangsiapa yang shalat empat raka’at
setelah ‘Isyaa’ dengan membaguskan rukuk dan sujud padanya, nilainya setara dengan empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr” [idem, no. 7354; sanadnya hasan].
Atsar
Ka’b bin Maati’ atau Ka’b Al-Ahbar ini juga diriwayatkan oleh An-Nasaa’iy no.
4895-4896 dengan sanad hasan.
Faedah:
1.
Riwayat-riwayat di
atas menegaskan tentang masyruu’-nya shalat sunnah empat raka’at setelah
‘Isyaa’.
2.
Amalan tersebut
beserta pahalanya yang senilai dengan empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr, meskipun sanadnya mauquuf pada shahabat radliyallaahu 'anhum,
namun hukumnya adalah marfuu’,[2]
karena di dalamnya tidak ada ruang ijtihaad dalam menetapkan pahala
suatu amalan secara khusus, sehingga diketahui bahwasannya statement itu tidak
lain hanyalah berasal dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam.
3.
Afdlal,
shalat tersebut dilakukan di rumah sebagaimana hadits Ibnu ‘Abbaas radliyallaahu
‘anhumaa. Selain itu, sesuai pula dengan sabda Nabi shallallaahu ‘alaihi
wa sallam:
فَإِنَّ أَفْضَلَ الصَّلَاةِ صَلَاةُ الْمَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الْمَكْتُوبَةَ
“Sesungguhnya
seutama-utama shalat adalah shalatnya seseorang di rumahnya, kecuali shalat
wajib (yang dilakukan di masjid secara berjama’ah – Abul-Jauzaa’)”
[Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 731].
4.
Shalat sunnah
tersebut dilakukan empat raka’at tanpa dipisahkan dengan salam, sebagaimana atsar
‘Abdullah bin Mas’uud radliyallaahu ‘anhu. Akan tetapi bisa juga
dilakukan dua raka’at-dua raka’at dengan masing-masing salam sesuai keumuman sabda
Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam:
صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى
“Shalat
sunnah malam dilakukan dua-dua” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 991].
5.
Diantara ulama yang
menegaskan sunnahnya amalan ini antara lain :
As-Sarkhasiy
rahimahullah berkata:
فَأَمَّا التَّطَوُّعُ بَعْدَ الْعِشَاءِ فَرَكْعَتَانِ فِيمَا
رَوَيْنَا مِنْ الْآثَارِ وَإِنْ صَلَّى أَرْبَعًا فَهُوَ أَفْضَلُ لِحَدِيثِ
ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ مَوْقُوفًا عَلَيْهِ وَمَرْفُوعًا مَنْ صَلَّى
بَعْدَ الْعِشَاءِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ كُنَّ لَهُ كَمِثْلِهِنَّ مِنْ لَيْلَةِ
الْقَدْرِ
Adapun
shalat sunnah setelah ‘Isyaa’ adalah dua raka’at berdasarkan apa yang diriwayatkan
kepada kami dari atsar-atsar. Apabila ia shalat empat raka’at maka afdlal
berdasarkan hadits Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhu secara mauquuf
dan marfuu’ : ‘Barangsiapa shalat setelah ‘Isyaa’ sebanyak empat raka’at,
maka baginya pahala senilai empat raka'at pada waktu Lailatul-Qadr” [Al-Mabsuuth 1/459 – via Syaamilah].
Ibnu
Baaz rahimahullah berkata:
الراتبة ركعتان، وإن صلى أربع ركعات فلا بأس، فقد جاء في الحديث:
" أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يصلي أربعاً قبل أن ينام " وإذا
فعلها الإنسان فلا بأس، وإن اقتصر على ركعتين فهي الراتبة، والراتبة التي كان
يحافظ عليها: بعد العشاء ركعتان، ثم ينام، ويقوم في آخر الليل يتهجد عليه الصلاة
والسلام
“Shalat
sunnah rawatib setelah ‘Isyaa’ adalah dua raka’at. Apabila ia shalat empat raka’at,
maka tidak mengapa, karena terdapat dalam hadits : ‘Sesungguhnya Nabi shallallaahu
‘alaihi wa sallam pernah shalat empat raka’at sebelum beliau tidur’.
Apabila seseorang melakukannya, maka tidak mengapa. Dan apabila ia meringkasnya
dua raka’at, maka itulah shalat sunnah rawatib. Shalat sunnah rawatib yang senantiasa
dijaga oleh beliau adalah : dua raka’at setelah ‘Isyaa’, kemudian tidur. Setelah
itu bangun di akhir malam untuk melakukan shalat tahajjud. Semoga shalawat dan
salam senantiasa dilimpahkan kepada beliau” [Majalah Al-Buhuuts Al-Islaamiyyah,
46/197].
Al-Albaaniy
rahimahullah mengisyaratkan masyru’-nya shalat sunnah ini ketika
menjelaskan hadits no. 5060 dalam buku Silsilah Adl-Dla’iifah 11/101-103.
Wallaahu a’lam.
[abul-jauzaa’ – perumahan ciomas permai –
26 Jumadats-Tsaaniy 1435/25 April 2014 – 22:25 – pertama kali saya mendapatkan
faedah ini dari penjelasan Al-Ustaadz Badru Salam hafidhahullah - dikoreksi pada tanggal 27042014, 05:40].
[1] Semua perawinya tsiqaat, kecuali Hushain
(bin ‘Abdirrahmaan As-Sulamiy) – seorang yang tsiqah – yang berubah
hapalannya di akhir usianya. Muslim mengambil riwayatnya yang berasal dari Ibnu
Idriis dalam Shahiih-nya, sehingga besar kemungkinan Ibnu Idriis
mengambil riwayat Hushain sebelum masa ikhtilaath-nya. Wallaahu a’lam
[lihat : Al-Mukhtalithiin oleh Al-‘Alaa’iy beserta komentar muhaqiq-nya,
hal. 21-24].
=================================================================
Sumber : abul-jauzaa.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar